Blog PrintKita https://blog.printkita.com Mengupas tuntas segala permasalahan pada printer, review printer, dan tips-tips keren seputar printer Mon, 23 Apr 2018 16:38:15 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.6 https://blog.printkita.com/wp-content/uploads/2016/02/cropped-fav-32x32.png Blog PrintKita https://blog.printkita.com 32 32 Cara Reset Canon MG Series Error 5B00 https://blog.printkita.com/troubleshoot/cara-reset-canon-mg-series-error-5b00/ https://blog.printkita.com/troubleshoot/cara-reset-canon-mg-series-error-5b00/#respond Mon, 23 Apr 2018 16:38:15 +0000 https://blog.printkita.com/?p=588 Error 5B00 (waste ink pad is full) pada printer Canon terjadi karena Eeprom pada printer mendeteksi bahwa busa pembuangan pada printer telah penuh. Jika sobat membersihkan / mengganti busa pembuangan tinta / telah menambahkan buangan tinta sendiri, tetap saja error tersebut tidak teratasi dan tetap muncul dan printerpun otomatis tidak bisa digunakan. Untuk mengatasi Error 5B00 pada printer Canon MG2570 atau printer MG series lainnya, kita hanya perlu mereset angka yang terbaca oleh Eeprom di mainboard menjadi 0 kembali. Cara reset Canon MG 2570 atau MG series lainnya yang sejenis saat muncul error 5b00 gampang kok, Coba ikuti langkah-langkah berikut :

Cara Reset Canon MG Series Error 5B00
  1. Download Resetter Canon Service Tool V3400
  2. Printer masuk ke service mode dulu
  3. Caranya matikan printer dan biarkan kabel Listrik dan USB tetap tertancap di printer
  4. Tekan dan tahan tombol STOP, dalam kondisi tombol STOP masih ditekan, tekan dan tahan tombol POWER
  5. Lepaskan tombol STOP kemudian dalam kondisi tombol POWER masih ditekan dan ditahan, tekan tombol STOP sebanyak 5x
  6. Saat menekan tombol STOP yang ke 5 (terakhir) tahan dulu tombol STOPnya sebentar, kemudian lepaskan bersamaan dengan melepas tombol POWER
  7. Saat ini posisi printer sudah dalam keadaan Service Mode, dan komputer akan mendeteksi adanya hardware baru, abaikan saja.
  8. Siapkan kertas pada Printer, kurang lebih 4 lembar
  9. kemudian jalankan Reseter Canon MG 2570 (Service tool V3400) menggunakan komputer yang sudah tersambung ke printer

    Service tool v3400
    Service Tool v3400
  10. Pada Clear ink counter pilih main kemudian klik tombil set
  11. lalu pada Ink absorber counter pilih main juga lalu klik tombol set
  12. Klik “EEPROM”, maka printer akan berproses dengan mencetak satu halaman dengan tulisan “D = 000.0
  13. Matikan printer Canon MG2570 sobat lalu nyalakan kembali.
  14. Lakukan test print. Selesai.

Mudah, cepat dan efisien, sobat bisa melanjutkan pencetakan lagi, dan semoga usahanya makin maju, tugasnya segera selesai, pekerjaannya mudah. Moga aja troubleshooting Cara reset printer Canon MG2570 ini bermanfaat untuk sobat semuanya.

Untuk mendownload Service Tool V3400 Klik Disini ya

 

]]>
https://blog.printkita.com/troubleshoot/cara-reset-canon-mg-series-error-5b00/feed/ 0
Tips Membeli Printer Bekas, Baca dulu sebelum beli Sob https://blog.printkita.com/tips-tutorial/tips-membeli-printer-bekas-baca-dulu-sebelum-beli-sob/ https://blog.printkita.com/tips-tutorial/tips-membeli-printer-bekas-baca-dulu-sebelum-beli-sob/#respond Sat, 31 Mar 2018 04:50:18 +0000 https://blog.printkita.com/?p=570 Tips membeli printer bekas – Saat ini kebutuhan penggunaan printer sangat luar biasa banyaknya, terutama perkantoran, instansi pemerintahan, dan pebisnis. Melihat hal tersebut, produsen printer berlomba-lomba membuat printer dengan berbagai inovasinya dengan melihat kebutuhan pasar, bisa kita lihat sendiri di pasaran, hampir setiap semester, produsen printer, seperti HP, Canon, Epson, Brother, dan yang lainnya meluncurkan produk barunya dengan inovasi terbaru mereka, walaupun menurut saya kebanyakan dari produk-produk baru tersebut merupakan penyempurnaan dari produk-produk sebelumnya.

Beberapa tahun yang lalu, belum ada printer dengan Continuous Ink System (CIS/Infuss) seperti saat ini, printer tersebut awal mulanya dibuat  karena melihat konsumen yang banyak memodifikasi printernya menggunakan CIS yang lebih efisien dalam pengisian tinta printer.

Dalam hal membeli Printer bekas tidak selamanya kita akan mendapatkan kualitas seperti yang kita harapkan, sebelum membeli printer bekas, ada baiknya sobat simak tips membeli printer inkjet (menggunakan tinta) bekas berikut :

Tips membeli printer inkjet bekas

  1. Hal pertama yang diperiksa adalah kelengkapan printernya antara lain:
    Unit printernya, mosok beli printer tidak ada printernya, kan lucu.. hehehe, Kabel power dan USB masih bagus, tidak ada bekas sambungan / tidak ada lecet, Optional: CD driver, Kardus printer dan Manual book
  2. Nyalakan printer, dengarkan saat printer dinyalakan, kalau berisik/ada bunyi yg tidak wajar, misalnya bunyi citcitcit, biasanya ada part di dalam printer yg sudah aus / karatan. Hal tersebut bisa dijadikan alasan untuk menawar harga 🙂
  3. Lakukan test print pertama dengan meletakkan 30 kertas pada tray, jangan cuma 1. Perhatikan apakah kertas ditarik oleh printer dengan mulus 1 lembar atau ada beberapa kertas yang ikut ketarik, atau bahkan tidak bisa menarik kertas dan paperjam. Hal ini untuk memeriksa roller penarik kertas dan sensor kertas
  4. Lakukan test print kedua dengan dokumen yang isinya teks biasa, garis, tabel, dan buat 4 blok dengan 4 warna Biru, Merah, Kuning dan Abu-abu. cek hasil cetaknya, hasil cetak teks apakah bagus atau blur, hasil cetak garis dan tabelnya lurus atau tidak lurus, hasil cetak warnanya bagus atau tidak bagus. Hal ini untuk memeriksa kualitas katrid, head-print, timing belt, dan encoder tape/encoder disk-nya.
  5. Jika sobat membeli printer yang ada scannernya, lakukan copy dokumen warna dan hitam putih, kemudian lakukan pemindaian (scan) melalui komputer.

baca juga : Tips memilih Printer untuk kantor / instansi / sekolah

Kalau hasil dari semua pengecekan tersebut baik, silahkan dibeli, jangan lupa ditawar ya, sobat bisa cek harga printer bekas dulu melalui online marketplace untuk membandingkan harga jual printer bekas yang akan sobat beli.

Demikian dulu sedikit tips membeli printer bekas jangan sampai sobat kecewa ketika membeli printer bekas, pastikan periksa semua hal dengan teliti, baik itu dari segi fisik printer, kebersihan printer, fungsi printer dan hasil cetak printer. Semoga tips sebelum membeli printer bekas ini bermanfaat.

]]>
https://blog.printkita.com/tips-tutorial/tips-membeli-printer-bekas-baca-dulu-sebelum-beli-sob/feed/ 0
Cara Reset Printer Canon MP237 Error P05 / E08 https://blog.printkita.com/troubleshoot/cara-reset-printer-canon-mp237-error-p05-e08/ https://blog.printkita.com/troubleshoot/cara-reset-printer-canon-mp237-error-p05-e08/#respond Wed, 21 Mar 2018 15:31:08 +0000 https://blog.printkita.com/?p=558 Walapun printer tipe Canon MP 237 ini termasuk printer tipe lama, namun saat ini penggunanya masih cukup banyak, terbukti dengan banyaknya konsumen kami yang masih menggunakan printer Canon MP 237 ini untuk kebutuhan cetak sehari-hari. Printer Multifungsi ini merupakan salah satu dari printer laris di kelasnya, dengan harga baru di bawah 1 jutaan, membuat Printer Canon MP 237 yang dapat digunakan untuk Print Scan dan Copy ini ramah di kantong pengguna.

Printer ini menggunakan Cartridge PG810 dan CL811 sama seperti Canon MP 287 dan Canon IP 2770 yang harga per cartridge cukup mahal berkisar 185rb untuk PG810 (cartridge hitam) dan 240rb untuk CL811(cartridge tricolor), walaupun pengguna printer ini kebanyakan melakukan modifikasi dengan memasang sistem infuss untuk mengurangi biaya cetaknya. as=cvwfc

Pengguna printer ini kadang menemui beberapa error pada printernya, salah satunya error P07 atau E08 yang muncul pada layar LCDnya, dan ketika digunakan untuk mencetak, akan muncul notifikasi “The Ink Absorber is Almost Full“. Cara mengatasi Error P07 atau error E08 dapat dilakukan dengan reset printer canon MP237.

Cara Reset Printer Canon MP237
  1. Download Service Tool Canon V3400
  2. Hidupkan printer Canon MP237 sobat
  3. Masuk ke dalam Service Mode caranya :
    • Matikan printer canon MP237 dengan menekan tombol power
    • Tekan dan tahan tombol STOP/RESET kemudian langsung tekan tombol power dan tahan, jadi tombol RESET dan POWER dalam keadaan ditekan semuanya
    • Lepas tombol STOP/RESET tombol POWER jangan dilepas
    • Saat tombol POWER masih ditekan, tekan tombol STOP/RESET sebanyak 6x tidak boleh lebih atau kurang
    • Pada saat menekan tombol STOp/RESET yg ke 6, lepaskan tombol POWER bersamaan dengan melepaskan tombol STOP/RESET
    • Printer Canon MP237 sobat dalam keadaan SERVICE MODE
  4. Extract File Canon Service Tool V3400 yang telah didownload langkah pertama
  5. Jalankan Resetter Canon MP237 (ServiceTool.exe) menggunakan komputer yang terhubung ke printer

    Service tool v3400
    Service Tool v3400
  6. Pada Clear ink counter pilih main kemudian klik tombil set
  7. lalu pada Ink absorber counter pilih main juga lalu klik tombol set
  8. Klik “EEPROM”, maka printer akan berproses dengan mencetak satu halaman dengan tulisan “D = 000.0
  9. Matikan printer Canon MP237 sobat lalu nyalakan kembali.
  10. Lakukan test print. Selesai.

Mudah, cepat dan efisien, sobat bisa melanjutkan pencetakan lagi, dan semoga usahanya makin maju, tugasnya segera selesai, pekerjaannya mudah. Moga aja troubleshooting Cara reset printer Canon MP237 ini bermanfaat untuk sobat semuanya.

Canon Service Tool V3400 Free Download

]]>
https://blog.printkita.com/troubleshoot/cara-reset-printer-canon-mp237-error-p05-e08/feed/ 0
Cara mengatasi printer pending atau tidak bisa mencetak https://blog.printkita.com/troubleshoot/cara-mengatasi-printer-pending-atau-tidak-bisa-mencetak/ https://blog.printkita.com/troubleshoot/cara-mengatasi-printer-pending-atau-tidak-bisa-mencetak/#respond Sun, 11 Mar 2018 02:28:43 +0000 https://blog.printkita.com/?p=544 Sobat printkita, jika sobat pernah mengalami printer sobat tidak bisa mencetak / pending saat mencetak, padahal printer yang digunakan tidak dalam keadaan rusak / siap untuk digunakan mencetak namun printer tidak merespon sama sekali, itu yang bermasalah bukan pada printer sobat, melainkan ada system dalam komputer sobat yang bermasalah.

Gambar tersebut menunjukkan bahwa ada 2 dokumen yang pending saat kita cetak. Untuk mengatasi printer pending / tidak bisa mencetak seperti pada gambar diatas, ada dua cara yang bisa kita lakukan yaitu:

Kami menggunakan OS Windows 7 dan printer Canon IP2770 dalam troubleshooting ini

  • Langkah Pertama, Menghapus dokumen pada print queue
    1. Buka ikon printer pada taskbar kanan bawah, dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan > pilih printer yang digunakan
    2. Akan muncul dokumen yang sudah kita cetak namun pending / gagal, seperti gambar dibawah ini
    3. Artinya ada 2 dokumen dalam antrian untuk dicetak, untuk menghapus dokumen pada print queue, klik kanan pada nama dokumen kemudian pilih cancel.
    4. Jika dokumen sudah di cancel tapi tidak hilang dari print queue, matikan printer kemudian nyalakan kembali.
  • Langkah kedua, melakukan restart print spooler
    1. Jalankan services.msc melalui run command (tombol windows + R)
    2. Cari system service Print Spooler
    3. Klik kanan pada Print Spooler kemudian pilih Stop 
    4. Buka Explorer pada komputer, buka folder C:\Windows\system32\spool\printers , di folder tersebut akan kita lihat dokumen yang gagal untuk dicetak, silahkan dihapus semua file tersebut.
    5. Buka kembali services.msc kemudian aktifkan kembali Print Spooler dengan cara klik kanan kemudian pilih Start
    6. Lakukan cetak dokumen
]]>
https://blog.printkita.com/troubleshoot/cara-mengatasi-printer-pending-atau-tidak-bisa-mencetak/feed/ 0
New Canon Pixma Ink Efficient G4010, G3010, G2010, G1010 https://blog.printkita.com/printer/new-canon-pixma-ink-efficient-g4010-g3010-g2010-g1010/ https://blog.printkita.com/printer/new-canon-pixma-ink-efficient-g4010-g3010-g2010-g1010/#respond Sat, 03 Mar 2018 07:21:16 +0000 https://blog.printkita.com/?p=537 Pada Januari 2018 kemarin Canon Singapura merilis berita peluncuran 4 printer baru mereka yaitu Canon Pixma G4010 Refillable Ink Tank Wireless All-In-One with Fax, Generasi penerus dari printer Canon G4000, G3010, G2010 dan G1010 yang meneruskan produk Canon G series sebelumnya. Pada printer seri G terbarunya Canon masih menggunakan Integrated Ink Tank System yang bisa diisi ulang dengan mudah dan hemat tempat, setting wireless sekarang lebih mudah menggunakan mobile apps, memungkinkan untuk pencetakan kelas bisnis yang mencetak dengan volume tinggi dengan waktu yang lebih cepat.

PIXMA Ink Efficient G4010:

Canon G4010
Gambar Canon G4010 by Canon Asia

Produk andalan dari printer seri G. Mesin printer multifungsi nirkabel ini menggabungkan fungsi cetak, fotokopi, pemindaian dan faksimile dalam bodi yang ramping. Fungsi ADF mampu hingga 20 lembar otomatis sehingga dapat mengotomatisasi pekerjaan pemindaian yang banyak dengan mudah, sementara layar LCD dua baris menyederhanakan fungsi salin dan pindaian yang umum. Printer ini mendukung Wi-Fi dan dapat dioperasikan dengan mudah menggunakan aplikasi print and scan Canon Print Inkjet / SELPHY.

PIXMA Ink Efficient G3010:

Canon G3010
Gambar Canon G3010 by Canon Asia

G3010 adalah printer yang ideal untuk penggunaan rumahan dan usaha kecil menengah. Printer multifungsi ini dapat mencetak, mencetak dari, dan memindai dengan mudah ke ponsel, tablet dan laptop melalui Wi-Fi. Layar LCD 1,2 dapat mempermudah dalam membuat salinan dokumen yang banyak, dan juga meningkatkan kemudahan penggunaan untuk berbagai opsi konfigurasi printer tanpa PC, termasuk konfigurasi Wi-Fi. Printer ini juga mendukung koneksi nirkabel langsung ke perangkat mobile dan tablet tanpa router.

PIXMA Ink Efficient G2010:

Canon G2010
Gambar Canon G2010 by Canon Asia

G2010 memberikan kebutuhan pencetakan volume tinggi untuk pengguna PC yang terhubung ke printer, karena printer ini belum dilengkapi dengan fungsi wireless. Panel LCD segmen 1,2 inci, serupa dengan yang ada di G3010, memudahkan untuk melakukan banyak pekerjaan menyalin atau memindai.

PIXMA Ink Efficient G1010:

Bagi pengguna rumahan dan bisnis dengan kebutuhan pencetakan volume tinggi, G1010 adalah solusi berbiaya rendah. Teks jelas dan warna solid muncul di setiap cetakan dokumen, dan foto yang dicetak dengan layar G1010 berwarna cerah dan tajam setiap saat.

Berikut fitur-fitur printer terbaru tersebut diatas:

Percetakan dengan Volume Tinggi
Canon Ink Efficient G Series memberi solusi bisnis dengan kebutuhan volume cetak tinggi, menghasilkan hingga 6.000 halaman dokumen hitam-putih dan 7.000 halaman dokumen berwarna melalui paket 4 botol tinta. Tanpa perlu mengganti kartrid tinta, dapat mengurangi biaya persediaan tinta sekaligus mempermudah dalam perawatan perangkat.

Foto 4R dapat dicetak hanya dalam waktu 60 detik, dan printer juga mendukung output foto penuh tanpa bingkai pada media glossy hingga ukuran A4.

Sistem Tangki Tangki Terpadu
Alih-alih penggunaan tangki tinta yang tergantung di samping body printer, seperti yang biasa disematkan pada banyak cotinous ink tank system, tangki tinta G Series diintegrasikan ke dalam bodi printer. Printer seri G memiliki footprint kecil yang mengesankan, dan masing-masing tangki dirancang untuk memungkinkan identifikasi visual tingkat tinta yang tersisa dengan mudah.

Pencetakan Mobile dan Pencetakan Cloud
Tinta PIXMA Efficient G4010 dan G3010 menggabungkan keunggulan konektivitas nirkabel dengan pencetakan dari perangkat mobile seperti tablet dan mobile phone. Aplikasi Print Inkjet / SELPHY Canon membuat pencetakan mobile, memindai perangkat iOS dan Android OS dengan mudah, sementara plugin Canon Print Service menawarkan fungsionalitas pencetakan tanpa driver untuk ponsel dan tablet yang berjalan pada OS Android. G4010 juga mendukung AirPrint.

Aplikasi Print Inkjet / SELPHY Canon juga terhubung ke jaringan sosial seperti Facebook dan Instagram, atau layanan penyimpanan file seperti Dropbox dan Google Drive melalui layanan Canon PIXMA Cloud Link. Dokumen dan foto dapat dicetak dari layanan ini.

Professional Poster, Flyer dan Menu Designer dengan PosterArtist Lite
Dibutuhkan hanya empat langkah sederhana untuk membuat poster yang sempurna dengan Canon PosterArtist Lite. Entah itu sebuah handbill konser atau pengumuman perusahaan, software memudahkan untuk merancang dan mencetak poster profesional dengan cepat, berkat lebih dari 1.300 template, foto dan clip art yang bebas untuk diakses. PosterArtist Lite dapat diunduh dari situs web Canon di www.canon-asia.com.

]]>
https://blog.printkita.com/printer/new-canon-pixma-ink-efficient-g4010-g3010-g2010-g1010/feed/ 0
Cara Sharing 1 Printer Untuk Banyak Laptop/Komputer https://blog.printkita.com/tips-tutorial/cara-sharing-1-printer-untuk-banyak-laptop-komputer/ https://blog.printkita.com/tips-tutorial/cara-sharing-1-printer-untuk-banyak-laptop-komputer/#respond Sun, 18 Feb 2018 11:37:38 +0000 http://blog.printkita.com/?p=426 Sering kita temui di beberapa kantor atau tempat usaha yang menggunakan hanya satu printer. Tidak sedikit pula dengan satu printer itu digunakan oleh beberapa pengguna dengan cara saling tukar colokan kabel USB ke komputer/laptop. Seperti kasus yang kami temui di salah satu client kami, di kantor tersebut hanya terdapat satu printer, padahal semua pegawainya tiap hari melakukan pencetakan dokumen menggunakan printer tersebut. Selama ini (sudah bertahun-tahun katanya) setiap mau ngeprint harus mendekatkan laptop mereka ke printer atau memindahkan printer dekat komputer, tentu hal tersebut tidak efektif dan efisien.

Lalu bagaimana cara yang lebih efektif dan efisien dalam menggunakan satu printer untuk banyak pengguna? Salah satu caranya yaitu dengan melakukan sharing printer melalui jaringan LAN. Kebetulan di kantor tersebut semua pengguna komputer ataupun laptopnya sudah terhubung ke dalam 1 jaringan LAN melalui wireless router. Dari pada kepanjangan teorinya, langsung saja

Tutorial sharing printer ini kami menggunakan windows 7 tetapi bisa diterapkan juga di Windows 8 dan 10, karena langkah-langkahnya hampir sama.

 

Langkah-langkah Cara Sharing Printer melalui Jaringan LAN

Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan sharing printer, pilih salah satu komputer/laptop yang specnya paling tinggi dan atau yang mobilitasnya rendah (tidak sering dibawa keluar kantor)  dan pastikan komputer/laptop tersebut selalu terkoneksi dengan jaringan LAN melalui kabel LAN ataupun Wireless LAN (WiFi)

  1. Aktifkan File and Printer Sharing, caranya : buka Control Panel kemudian pilih Network and Internet
    Cara sharing printer
  2. Pilih Network and sharing center

  3. Pilih Change advanced sharing settings

  4. Pada bagian File and printer sharing pilih Turn on file and printer sharing
  5. Pilih Turn off password protected sharing, setingan ini akan menjadikan semua file ataupun printer yang telah disharing oleh komputer dapat diakses oleh siapapun yang terhubung ke satu jaringan tanpa memasukkan password.

  6. Kemudian klik tombol Save changes untuk menyimpan pengaturan yang sudah diubah.
  7. Setelah itu kita melakukan sharing printer menggunakan Printer Setting yang tersedia di Printer Properties
  8. Buka Device and Printers di Control Panel komputer sobat
  9. Pilih printer yang akan dishare kemudian klik kanan, pilih Printer Properties
  10. Pilih tab Sharing, kemudian centang pada pilihan Share this printer
    Cara sharing printer
  11. Klik OK

Selesai, printer sobat sekarang sudah bisa diakses oleh banyak komputer yang terhubung ke jaringan, sudah tidak perlu lagi memindah printer atau laptop untuk melakukan pencetakan. Jika sobat mengalami kesulitan dalam mengikuti langkah-langkah diatas, jangan sungkan untuk bertanya. Semoga bermanfaat.

]]>
https://blog.printkita.com/tips-tutorial/cara-sharing-1-printer-untuk-banyak-laptop-komputer/feed/ 0
Cara Reset Printer Canon IP 1980 https://blog.printkita.com/troubleshoot/cara-reset-printer-canon-ip-1980/ https://blog.printkita.com/troubleshoot/cara-reset-printer-canon-ip-1980/#respond Sun, 18 Feb 2018 09:08:25 +0000 https://blog.printkita.com/?p=521 Tulisan kali ini kami akan berbagi Cara Reset Printer Canon IP 1980 dan IP 1880. Banyak masalah printer yang sering muncul, kadang-kadang masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan reset Chip Eeprom pada printer tersebut. Printer Canon IP 1980 harus direset jika printer mengalami Ink Absorbser is almot full atau ink tank full atau muncul eror pada printer seperti :

  1. Blink lampu orange 4 x dan hijau 1 x
  2. Lampu orange dan hijau berkedip bergantian sebanyak 7 x
  3. Lampu orange berkedip 8x
canon ip 1980 absorber is full
Langkah-langkah reset printer canon IP 1980:
  1. Pastikan driver printer terinstal pada PC atau laptop
  2. Masuk ke service mode (reset sementara) caranya:
    • Cabut kabel power listrik
    • Tekan dan tahan tombol power pada printer
    • Tombol power masih dalam posisi ditekan, hubungkan kembali kabel power listrik (lampu warna hijau akan menyala)
    • Tombol power masih dalam posisi ditekan, tekan tombol resume (lampu warna hijau akan mati, lampu warna orange menyala)
    • Lepaskan kedua tombol secara bersamaan (printer akan mati)
    • Nyalakan kembali printer dengan menekan tombol power pada printer (jangan cabut kabel listrik)
  3. Download resetter printer canon IP 1980 (General Service Tool)  disini
  4. Extract File yang telah sobat Download
  5. Sebelum menjalankan program general service tool ini pastikan :
    • Jika menggunakan windows XP, pastikan resolusi layar komputer/laptop harus 1024×768
    • Jika menggunakan windows 7 atau yang lebih baru, setting compatibility file General Service tool ke Windows XP SP2
  6. Jalankan GeneralTool.exe
    Cara reset canon IP 1980
  7. Otomatis USB Port akan terdeteksi oleh program, jika tidak terdeteksi silahkan pilih USB Portnya.
  8. Centang pada Cleaning dan Eeprom Clear
  9. Klik tombol Main kemudian klik tombol Platen
  10. Klik tombol Quit untuk keluar dari program
  11. Matikan printer dengan menekan tombol power pada printer
  12. Cabut kabel power listrik
  13. Hubungkan kembali kabel power listrik kemudian nyalakan kembali printer dengan menekan tombol power

Selesai. Silahkan melakukan test pencetakan. Itulah tadi troubleshoot Cara Reset Printer Canon IP 1980 semoga bermanfaat. Jika ada sobat masih bingung dalam mengikuti langkah-langkah diatas, silahkan bertanya melalui kolom komentar yang disediakan.

 

]]>
https://blog.printkita.com/troubleshoot/cara-reset-printer-canon-ip-1980/feed/ 0
Spesifikasi Canon Laserjet LBP6030 https://blog.printkita.com/printer/spesifikasi-canon-laserjet-lbp6030/ https://blog.printkita.com/printer/spesifikasi-canon-laserjet-lbp6030/#respond Wed, 31 Jan 2018 14:14:15 +0000 https://blog.printkita.com/?p=512 Spesifikasi, review dan harga printer Laserjet Canon LBP6030. Printer Canon LBP-6030 saat ini menjadi pilihan pengganti printer Laserjet HP P1102 legendaris yang saat ini sudah tidak diproduksi lagi. Sebagai pengguna setia printer legendaris tersebut, mau tidak mau kami pun beralih ke Printer LBP-6030 yang spesifikasi dan fiturnya sama persis dengan HP P1102. Kalau kata kami, LBP6030 itu cuma beda casing saja, dalemannya sama persis dengan HP P1102. Silahkan dicoba sendiri, cartridge 85A milik HP P1102 dimasukkan ke LBP 6030, pasti bisa masuk dengan sempurna dan bisa langsung digunakan untuk mencetak. Bentuk antara cartridge 325 milik canon dan 85A milik HP pun sama persis.

canon lbp 6030

Spesifikasi Canon LBP6030

  • Metode pencetakan : Laser Monochrome
  • Kecepatan cetak : A4 hingga 18ppm
  • Resolusi cetak : 600 x 600 dpi
  • Input kertas : 150 lembar kertas 80g/m2
  • Output kertas : 100 lembar kertas 80g/m2
  • Ukuran kertas : A4, B5, A5, Legal, Letter, Executive, 16K, Envelope COM10, Envelope Monarch, Envelope C5, Envelope DL, Kustom: Lebar 76.2 hingga 215.9mm x Panjang 188 hingga 355.6mm
  • Tipe kertas : Kertas polos, Kertas Tebal, Transparansi, Label, Amplop.
  • Koneksi : Highspeed USB 2.0
  • Menggunakan cartridge toner 325
  • Siklus cetak bulanan : 5000 halaman
  • Volume cetak yg direkomendasikan : 200 – 800 halaman per bulan
  • Konsumsi daya rata-rata:
    • mencetak : 320 Watt
    • standby : 1,8 Watt
    • sleep : 0,8 Watt

Penerapan Teknologi On Demand Fixing

Pada umumnya printer laser yang menggunakan fusing roller standar, penggunaan listrik lebih boros, beda dengan Canon LBP 6030 yang menggunakan teknologi On Demand Fixing roller yang lebih hemat listrik. Teknologi ini membutuhkan daya dan pemanasan yang relatif kecil sehingga waktu pemanasan dan cetak menjadi lebih cepat. Printer Canon LBP 6030 menggunakan printer language UFR II LT yang memanfaatkan pemrosesan memori PC, dengan hal ini anda tidak perlu pusing menambah budget pengeluaran Anda untuk Ugrade memori printer yang mahal.

Printer Laser yang Hemat Listrik

Printer Canon LBP 6030 bisa disetting agar masuk sleep mode dan auto shutdown setelah printer standby dalam jangka waktu tertentu. Kedua fitur tersebut dapat mengurangi penggunaan  daya listrik sehingga anda bisa lebih menghemat tagihan listrik bulanan anda. Dengan menggunakan Energy-Star-Typical-Electricity 0.48 Kwh per minggu, anda tidak hanya sekedar menghemat konsumsi daya listrik tapi juga membantu melestarikan lingkungan hidup disekitar anda
Harga Printer Canon LBP 6030

Printer ini dijual dengan harga kisaran Rp. 1.400.000,-. harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung nilai dolar terhadap rupiah atau tergantung kebijakan toko masing-masing. Untuk mendapatkan harga terbaik silahkan kunjungi toko terpercaya di kota Anda ataupun toko online yang terpercaya.

Itulah tadi sedikit tulisan kami mengenai Spesifikasi review dan harga Printer Laserjet Canon LBP 6030 semoga bisa menjadi rujukan untuk sobat dalam memilih printer yang akan sobat beli. Semoga bermanfaat.

]]>
https://blog.printkita.com/printer/spesifikasi-canon-laserjet-lbp6030/feed/ 0
Cara Setting Ukuran Kertas F4 Folio di Ms Word dan Excel https://blog.printkita.com/tips-tutorial/cara-setting-ukuran-kertas-f4-folio-di-ms-word-dan-excel/ https://blog.printkita.com/tips-tutorial/cara-setting-ukuran-kertas-f4-folio-di-ms-word-dan-excel/#respond Sat, 20 Jan 2018 17:21:22 +0000 http://blog.printkita.com/?p=502 Cara setting ukuran kertas F4 Folio di Ms Word dan Excel sebenarnya sangatlah mudah, Ukuran kertas F4 atau sering disebut Folio bukan ukuran kertas standar internasional, jadi tidak akan muncul di pilihan Page Layout pada ms word, ms excel ataupun media lainnya. Di Indonesia, hampir setiap perkantoran menggunakan kertas ukuran F4 ini, jadi tidak ada salahnya jika berbagi sedikit tutorial cara setting ukuran kertas F4 Folio di Ms Word dan Excel.

Ukuran kertas F4 dalam centimeter yaitu berukuran 21,59 x 33 cm atau 8,5 x 13 inch. Sebenarnya ukuran kertas yang muncul di lembar kerja kita, baik itu Ms word, Excel atau program lainnya itu tergantung pada printer yang kita gunakan. Jadi cara setting ukuran kertas F4 folio ini berbeda-beda tergantung printer yang sobat gunakan. Ada beberapa printer yang sudah terdapat ukuran kertas F4 ini tetapi pada penamaannya tidak menggunakan F4 melainkan langsung pada ukuran kertasnya yaitu 8.5×13 in. (21,59 x 33 cm) seperti pada printer HP Deskjet Ultra Ink Advantage 2529. tapi jika printer yang digunakan adalah printer Canon, kita harus menambahkan ukuran kertas F4 secara manual atau bisa juga setting ukuran kertas F4 langsung saat mau mencetak.

Cara Setting Ukuran Kertas F4 Folio di Ms Word dan Excel

  1. Buka Ms Word / Ms Excel, baik di Ms word ataupun Ms Excell menu dan langkah-langkahnya sama.
  2. Opsi 1 : Pilih printer yang akan sobat gunakan untuk mencetak di menu File > Print, kemudian Page Size atau Page Setup. pada tutorial kali ini kami menggunakan printer Canon IP2770
    cara setting ukuran F4 word
    Opsi 2 : Pilih menu Page Layout pada menu bar, kemudian pilih Page Size
  3. Setingan default ukuran kertas biasanya A4, klik pada ukuran kertas kemudian pilih More Paper Sizes..
    Cara merubah ukuran kertas F4 di word
  4. Kemudian pilih menu Options
    ukuran kertas F4
  5. Akan muncul jendela baru setting printer, pada pilihan Printer Paper Size pilih Custom…

  6. Pada pilihan Unit, biarkan pada pilihan mm, pada Paper Size, masukkan ukuran di width = 215,9 dan height 330 kemudian klik OK

  7. Jika sobat ingin tetap menggunakan settingan ini, centang pada pilihan Always print with current setting, jadi secara otomatis selalu menggunakan settingan ini saat akan mencetak.
  8. Sobat siap melakukan pekerjaan menggunakan ukuran kertas F4 atau Folio

Itulah tadi sedikit tutorial cara setting ukuran kertas F4 Folio di Ms Word dan Excel, jika sobat masih bingung mengikuti tutorial ini atau sobat menemukan kendala, jangan segan-segan untuk bertanya melalui form komentar yang tersedia dibawah postingan ini, Semoga bermanfaat.

]]>
https://blog.printkita.com/tips-tutorial/cara-setting-ukuran-kertas-f4-folio-di-ms-word-dan-excel/feed/ 0
Printer Epson L210 Spesifikasi Review dan Harga Terbaru https://blog.printkita.com/printer/printer-epson-l210-spesifikasi-review-dan-harga-terbaru/ https://blog.printkita.com/printer/printer-epson-l210-spesifikasi-review-dan-harga-terbaru/#comments Wed, 27 Dec 2017 13:45:51 +0000 http://blog.printkita.com/?p=482 Spesifikasi, Review dan Harga terbaru printer Epson L210 akan kita ulas secara lengkap disini, jika sobat berniat membeli printer Epson L210 baik baru maupun bekas, Sobat wajib baca dulu Kelebihan dan kekurangan Printer Epson L210 yang akan kita ulas dalam postingan kali ini. Oke langsung saja dengan spesifikasi printer Epson L210.

Harga Printer Epson L210 Review dan Spesifikasi
Harga Printer Epson L210 Review dan Spesifikasi

Spesifikasi Printer Epson L210

Teknologi Cetak
Metode Cetak On-demand inkjet (Piezo electric)
Konfigurasi Nozzle Hitam: 180 Nozzles, Warna: 59 Nozzles per warna
Minimum Droplet Size 3 pl
Teknologi tinta Dye Ink
Resolusi cetak 5,760 x 1,440 DPI
Fungsi Printer Print, Scan, Copy
Print
Kecepatan cetak ISO/IEC 24734 Monochrome: 6 halaman/menit, warna: 3 halaman/menit
Printing Speed 69 detik per 10 x 15 cm photo (Epson Premium Glossy Photo Paper), 15 Halaman/menit Colour (kertas 75 g/m²), 27 halaman/menit Monochrome (kertas 75 g/m²)
Warna tinta Black, Cyan, Yellow, Magenta
Scan
Single-sided scan speed (A4 black) 600 DPI 7.2 msec/line; 300 DPI 2.4 msec/line
Single-sided scan speed (A4 colour) 600 DPI 14.3 msec/line; 300 DPI 9.5 msec/line
Scanning Resolution 600 DPI x 1,200 DPI (Horizontal x Vertical)
Output formats BMP, JPEG, TIFF, PDF
Scanner type Contact image sensor (CIS)
Paper / Media Handling
Number of paper trays 1
Ukuran kertas A4, A5, A6, B5, C6 (Envelope), DL (Envelope), No. 10 (Envelope), Letter, 9 x 13 cm, 10 x 15 cm, 13 x 18 cm, 13 x 20 cm, 20 x 25 cm, 100 x 148 mm, HLT, User defined, Legal
Duplex Manual
Output Tray Capacity 30 Sheets
Multifunction 50 Sheets Standard, 50 Sheets Maximum, 10 Photo Sheets
General
Energy Use ENERGY STAR® qualified, 13 Watt (standalone copying, ISO/IEC 24712 pattern), 1.5 Watt (sleep mode)
Supply Voltage AC 100 V – 240 V, 50 Hz – 60 Hz
Dimensi 472‎ x 300 x 145 mm (Width x Depth x Height)
Berat printer 4.4 kg
Noise Level 5.2 B (A) with Epson Premium Glossy Photo Paper / Photo RPM mode – 37 dB (A) with Epson Premium Glossy Photo Paper / Photo RPM mode
Support OS Mac OS 10.5.8 or later, Mac OS 10.6+, Windows 7, Windows 7 x64, Windows 8 (32/64 bit), Windows Vista, Windows Vista x64, Windows XP, Windows XP x64
Included Software Epson Scan
Interfaces USB
Sound Power Operation: 5.2 B (A)
Sound Pressure Operation: 37 dB (A)
Power Supply 220V

Review Printer Epson L210

Epson L210 adalah salah satu tipe printer dari sederetan printer L series yang di produksi oleh Epson, printer Epson L210 di desain sebagai printer All In One atau printer multifungsi, pengguna printer ini saat ini cukup banyak, hal itu dirasa wajar karena printer Epson L210 ini hadir dengan desain yang lebih ramping dan ergonomis, selain itu bodi dari printer ini berbahan lebih kokoh namun memiliki berat yang ringan. Perbedaan printer ini dari generasi sebelumnya yaitu letak panel kontrolnya yang ada di depan printer.

Kelebihan Printer Epson L210

Printer ini mempunyai kecepatan cetak 27 lembar per menit (ppm) dalam mencetak dokumen biasa, jika sobat mencetak sebuah gambar foto, L210 ini membutuhkan waktu sekitar 69 detik per foto. Kecepatan cetak ini jauh berbeda jika di bandingkan dengan Epson L300, namun Epson L210 lebih baik dari pada Epson L100 atau L200, jadi untuk kecepatan mencetak, printer ini memiliki kecepatan yang standar dengan harga printer Epson L210 yang cukup murah.

Printer inipun mampu mencetak sebuah dokumen dengan resolusi maksimal 5760 x 1440 dpi serta didukung oleh teknologi bi-directional printing dan uni-directional printing. dan juga memiliki konfigurasi nozzle sebesar 180 untuk warna hitam dan 59 untuk warna lainnya seperti magenta, cyan, yellow. Ukuran kertas maksimal yang bisa di cetak oleh printer ini yaitu 8.5 x 44 inci (lebar x tinggi).

Printer ini memiliki fitur All In One/multifungsi, yaitu bisa digunakan untuk menyalin (fotocopy) dokumen, mencetak dokumen dan pemindaian (scan) dokumen yang dirangkai dalam satu printer, berikut ini akan kita ulas satu per satu fitur printer tersebut.

Fitur Menyalin (Fotocopy) Dokumen
Epson L210 dilengkapi dengan fasilitas copy, artinya sobat bisa menggandakan (fotocopy) satu dokumen hitam – putih ataupun warna. Printer ini memiliki kecepatan menyalin dokumen hitam-putih sebesar 5 detik per halaman dan menyalin dokumen berwarna selama 10 detik. Tetapi, kita hanya bisa mencetak sebanyak 20 lembar salinan pada satu waktu, hal ini bertujuan untuk menjaga Performa dari Printer ini.

Fitur Pemindai (Scan)
Epson L210 hadir dengan dilengkapi dengan fitur scan berjenis flatbed color image scanner dengan tipe sensor CIS. Hasil scan yang dihasilkan oleh printer ini hingga 600 x 1200 dpi, seperti printer multifungsi lainnya, ukuran kertas yang bisa kita scan maksimal 216 x 297 mm atau sebesar 8.5 x 11.7 inci.

Kecepatan scan dari printer ini cukup tinggi yaitu 2.4 milisecond/garis pada dokumen monochrome dan 9.5 milisecond/garis untuk dokumen berwarna. Kedalaman warna hasil pemindaian dari printer ini termasuk bagus yaitu sebesar 48-bit untuk gambar berwarna dan 16 bit untuk gambar grayscale atau hitam putih.

Kekurangan Printer Epson L210

Hasil Cetak Kurang Maksimal
Dengan harga Printer Epson L210 yang cukup bersaing, printer ini hadir dengan fitur All In One namun memiliki hasil cetak yang maksimal, hasil cetaknya tidak berbeda jika di bandingkan dengan Epson L200 atau L100, bahkan bisa dibilang sama persis.

Perawatan yang ribet
Hasil cetak yang kurang maksimal bukan satu-satunya kelemahan dari printer ini, printer ini terkenal ribet untuk urusan perawatan. Epson L210 kadang-kadang tidak bisa digunakan dan cara yang dituangkan dalam buku panduan tidak bisa mengatasi masalah yang terjadi pada printer ini. Misalanya cepat sekali minta direset, belum menghabiskan 1 botol tinta refill sudah minta direset.

Baca juga : Cara Reset Printer Epson L210

Harga Printer Epson L210

Untuk harga printer Epson L210 ini dibanderol dengan harga sekitar 1,2 juta untuk harga printer Epson L210 bekas, sedangkan untuk printer yang baru sudah discontinue, digantikan oleh Epson L220 dan L360.

Kesimpulan
Belilah printer Epson seri L360 memiliki fitur yang sama tapi kualitas jauh lebih bagus.

]]>
https://blog.printkita.com/printer/printer-epson-l210-spesifikasi-review-dan-harga-terbaru/feed/ 4