Tips Membeli Printer Bekas, Baca dulu sebelum beli Sob

Tips membeli printer bekas – Saat ini kebutuhan penggunaan printer sangat luar biasa banyaknya, terutama perkantoran, instansi pemerintahan, dan pebisnis. Melihat hal tersebut, produsen printer berlomba-lomba membuat printer dengan berbagai inovasinya dengan melihat kebutuhan pasar, bisa kita lihat sendiri di pasaran, hampir setiap semester, produsen printer, seperti HP, Canon, Epson, Brother, dan yang lainnya meluncurkan produk barunya dengan inovasi terbaru mereka, walaupun menurut saya kebanyakan dari produk-produk baru tersebut merupakan penyempurnaan dari produk-produk sebelumnya.

Beberapa tahun yang lalu, belum ada printer dengan Continuous Ink System (CIS/Infuss) seperti saat ini, printer tersebut awal mulanya dibuat  karena melihat konsumen yang banyak memodifikasi printernya menggunakan CIS yang lebih efisien dalam pengisian tinta printer.

Dalam hal membeli Printer bekas tidak selamanya kita akan mendapatkan kualitas seperti yang kita harapkan, sebelum membeli printer bekas, ada baiknya sobat simak tips membeli printer inkjet (menggunakan tinta) bekas berikut :

Tips membeli printer inkjet bekas

  1. Hal pertama yang diperiksa adalah kelengkapan printernya antara lain:
    Unit printernya, mosok beli printer tidak ada printernya, kan lucu.. hehehe, Kabel power dan USB masih bagus, tidak ada bekas sambungan / tidak ada lecet, Optional: CD driver, Kardus printer dan Manual book
  2. Nyalakan printer, dengarkan saat printer dinyalakan, kalau berisik/ada bunyi yg tidak wajar, misalnya bunyi citcitcit, biasanya ada part di dalam printer yg sudah aus / karatan. Hal tersebut bisa dijadikan alasan untuk menawar harga 🙂
  3. Lakukan test print pertama dengan meletakkan 30 kertas pada tray, jangan cuma 1. Perhatikan apakah kertas ditarik oleh printer dengan mulus 1 lembar atau ada beberapa kertas yang ikut ketarik, atau bahkan tidak bisa menarik kertas dan paperjam. Hal ini untuk memeriksa roller penarik kertas dan sensor kertas
  4. Lakukan test print kedua dengan dokumen yang isinya teks biasa, garis, tabel, dan buat 4 blok dengan 4 warna Biru, Merah, Kuning dan Abu-abu. cek hasil cetaknya, hasil cetak teks apakah bagus atau blur, hasil cetak garis dan tabelnya lurus atau tidak lurus, hasil cetak warnanya bagus atau tidak bagus. Hal ini untuk memeriksa kualitas katrid, head-print, timing belt, dan encoder tape/encoder disk-nya.
  5. Jika sobat membeli printer yang ada scannernya, lakukan copy dokumen warna dan hitam putih, kemudian lakukan pemindaian (scan) melalui komputer.

baca juga : Tips memilih Printer untuk kantor / instansi / sekolah

Kalau hasil dari semua pengecekan tersebut baik, silahkan dibeli, jangan lupa ditawar ya, sobat bisa cek harga printer bekas dulu melalui online marketplace untuk membandingkan harga jual printer bekas yang akan sobat beli.

Demikian dulu sedikit tips membeli printer bekas jangan sampai sobat kecewa ketika membeli printer bekas, pastikan periksa semua hal dengan teliti, baik itu dari segi fisik printer, kebersihan printer, fungsi printer dan hasil cetak printer. Semoga tips sebelum membeli printer bekas ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.